Lima daerah yang tergenang itu, di antaranya di Jalan Theresia, Bintang, Rangkui, Jalan Sawah, Sriw

By Denny Febrian 14 Nov 2020, 09:12:48 WIB Pilihan
 Lima daerah yang tergenang itu, di antaranya di Jalan Theresia, Bintang, Rangkui, Jalan Sawah, Sriw


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung, Mikro Antariksa,
Akibat hujan dan disertai petir, lima daerah di Kota Pangkalpinang tergenang air, ketinggian air dimasing-masing daerah itu, kurang lebih 30 hingga 60 cm," kata Mikron Antariksa.

Hujan yang turun kurang lebih dua jam itu, menyebabkan tiga rumah di RT06 RW02 Kelurahan Bintang terendam air setinggi 20 centimeter.

Intensitas hujan yang lebat, dan mengakibatkan saluran air tidak bisa menampung lagi debit air hujan dan beberapa wilayah terdampak merupakan wilayah yang rendah. Sehingga air dari dataran yang lebih tinggi mengalir ke wilayah tersebut.

"Terjadi hujan lebat tadi, debit air hujan tinggi sehingga saluran air tidak bisa menahan dan air meluap ke akses jalan dan wilayah yang rendah, air juga melusp ke beberapa rumah warga," tambahnya.

Sementara itu, upaya yang dilakukan Tim melakukan pengaturan lalu lintas dan pembersihan sampah yang berada di saluran air, sehingga menyumbat jalannya air.

Mikron mengimbau kepada masyarakat agar waspadai baik berkendaraaupun berada di rumah, bila hujan disertai angin dalam durasi 1 hingga 3 jam.

"Segera untuk selamatkan diri dan harta benda bila air sudah mulai air naik," imbaunya.

Ia juga mengingatkan kepada pengguna jalan, apabila berkendaran saat hujan, selalu waspada dan hati-hati, karena angin kencang dapat mengakibatkan pohon tumbang melayangkan atap rumah.

"Untuk nelayan harus melengkapi peralatan keselamatan jika melaut, terutama life jacket, alat komunikasi mesti ada, mengingat kondisi cuaca ekstrem saat ini," tegasnya

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment

Lurah Bintang

Lurah
IMAM FIRDAUS, SH

AGENDA KEGIATAN

Lihat Semua

Jajak Pendapat

STATISTIK PENGUNJUNG

  • User Online 1

  • Today Visitor 1

  • Hits hari ini 20

  • Total pengunjung 485

  • IP Anda 192.168.1.99